Langsung ke konten utama

Teknologi Tenaga Surya

Teknologi tenaga surya saat ini sudah sangat maju, dengan beberapa kemajuan sedang dikembangkan agar dapat digunakan setiap harinya.



1. Panel Pemanas Air Tenaga Surya:
Pyron Solar Triad menggunakan desain spesial, short focal-length, lensa konsentrasi acrylc untuk memantulkan dan menerima cahaya, secara efektif mengkonsentrasikan 6,500 tenaga surya dalam bentuk cahaya kecil. Lensa kedua menangkap cahaya ini dan memfokuskan pada sel PV. Menurut perusahaan terkait, HE Optics System menghasilkan 800 kali lebih banyak tenaga daripada sel solar dari silikon.



2.Penyimpan Hidrogen Rumahan:
Seorang professor MIT, Daniel Nocera, membentuk sebuah perusahaan tahun ini untuk memasarkan sebuah teknologi yang dapat memecah air dan menyimpan tenaga surya. Kunci dari perusahaan ini adalah untuk mencapai sebuah terobosan tenaga surya untuk membuat tenaga surya murah.

3. Atap Panel Surya yang dapat dicetak dan dicat:
Jika tenaga surya mudah untuk dipasang seperti mencat atap anda dengan cat tahan cahaya matahari, itu akan menurunkan standar untuk pemasangan tenaga surya di rumah. Teknologi ini disebut tinta silikon, dan menurut U.S. National Renewable Energy Laboratory, sel tenaga surya menunjukkan penghematan 18% tenaga.


4. Panel Film Besar Tenaga Surya:
Sistem SunFab™ menggunakan teknologi film tipis silikon untuk memasarkan panel terbesar dan terkuat di dunia dan menggabungkan material murah.

5. Organic Solar Concentrators:
Insinyur di MIT telah membuat metode untuk merubah kaca menjadi sebuah high-tech solar concentrator, menggunakan kaca warna untuk mengumpulkan dan memancarkan cahaya di mana biasanya hilang dari permukaan panel. Teknologi ini dapat membuat bangunan untuk menggunakan jendela dengan kaca film untuk mengumpulkan tenaga. Perusahaan lain, GreenSun, telah mengembangkan panel warna terang di mana menangkap bagian lain dari spektrum matahari, dan tidak memerlukan cahaya matahari secara langsung untuk bekerja.


6. Space Based Solar:
Jepang sedang mengembangkan sebuah stasiun luar angkasa raksasa dengan generator tenaga surya untuk mentransmisi tenaga surya ke bumi dari 36,000km di atas bumi dalam 30 tahun ke depan. Pemerintah Jepang mendukung proyek $21 milyar, yang termasuk sebuah stasiun luar angkasa tenaga surya dengan 4km kibik panel surya, menyimpan tenaga elektrik sebesar 1 gigawatt, cukup untuk 300,000 rumah di Tokyo.




7. Solar Roads:
Konsep Solar Roadways, akan membuat jalan menggunakan panel kaca untuk mengumpulkan dan mendistribusikan tenaga surya untuk menerangi cahaya di malam hari dan panas di musim dingin, dengan cukup energi tersisa untuk menyalakan rumah-rumah dan bisnis-bisnis. Penemunya, Scott Brusaw, memperkirakan setiap mil panel tenaga surya dapat menerangi 500 rumah, dan diperkirakan untuk membuat panel sebesar 12x12 memerlukan biaya $5,000.


8. Concentrated Solar:
Stirling Energy System's SunCatcher, berisikan sebuah solar concentrator dalam struktur mangkuk didukung sebuah kaca cembung, dapat digunakan di Arizona segera. SunCatcher menggunakan sistem kaca dipasang dengan mangkuk parabola untuk mengkonsentrasikan tenaga surya pada high-efficiency Stirling Engine, dengan setiap mangkuk menghasilkan 25,000 watt.




9. Nanotechnology Solar:
Peneliti di McMaster University di Ontario telah mengembangkan light-absorbing nanowires terbuat dari material high-performance photovoltaic pada fabrik karbon tipis yang tahan lama. Mereka juga menggunakan partikel kecil di sebuah film polyster fleksibel di mana dapat menghasilakan tenaga surya yang murah dan fleksibel.

10. Integrated Grid Ready Solar:
Andalay AC solar panels, dibuat dengan teknologi Akeena Solar, diintegrasikan dengan komponen kabel dan elektrik ke dalam panel. Menurut perusahaan, ini dapat menahan akan kerusakan, menghasilkan banyak uang. Andalay AC solar panels menghasilkan tenaga AC yang aman, dan dapat proses pemasangan yang aman untuk pengguna.


SUMBER

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monster2 laut dalam..

1. VIPERFISH Viperfish merupakan ikan laut dalam dari genus Chauliodus yang memiliki gigi panjang dan berbentuk seperti mie, dan cakar bawah yang berengsel. Mereka dapat tumbuh hingga sepanjang 30-60 cm. Viperfish hidup pada kedalaman 250-5000 kaki di bawah laut pada siang hari dan naik ke laut dangkal pada malam hari. Viperfish utamanya tinggal di perairan tropis. Mereka adalah salah satu predator terganas di bagian laut yang sangat dalam dan dipercaya bahwa mereka menyerang mangsanya dengan menarik perhatian sang mangsa dengan organ penghasil cahaya. Organ ini disebut Photophore dan berada di akhir dari tulang punggungnya (dorsal spine). 2. PELICAN EEL Gambar kedua menunjukkan gurita yang ditemukan di dalam perutnya ! Belut pelikan, atau Eurypharynx pelecanoides , merupakan ikan laut dalam yang sangat jarang ditemukan oleh manusia, walaupun kadang2 ia terjerat oleh jaring nelayan. Ia berbentuk seperti belut, dan merupakan satu2nya anggota dari genus Europhetrix dan family Eurypharyn

FLYBACK DIODE part 2

Pada part pertama telah saya jelaskan cara kerja FLYBACK DIODE ato yang sering disebut Freewheel Diode yang lebih banyak teori dasarnya . Nah pada part 2 ini, akan saya jelaskan gambar - gambar topologi cara kerjaNya supaya pemahaman cara kerja Flyback diode semakin mantabzzz, nah langsong ae ini dia cara kerjanya, pertama - tama anggap saja kita punya rangkaian DC regulator sebagai berikut : Gambar A. Rangkaian ini lebih dikenal dengan nama DC-DC BUCK CONVERTER Kemuadian switch pada rangkaian akan secara periodik berubah dari kondisi terhubung tutup (ON) ke Terhubung buka (OFF) secara bergantian. Nah Pada Saat kondisi Switch ON (terhubung tutup) maka bisa di-illustrasikan bahwa arus pada rangkaian DC regulator akan mengalir dengan topologi seperti ini Gambar B. Gambar B. Illustrasi rangkaian pada saat Switch ON (CLOSE) keterangan : dari illustrasi gambar B diatas dikondisi saat Switch ON ini flyback dioda ter-bias terbalik ato yg lebih dikenal Reverse Bias , jadi dioda hanya seperti

Flyback Diodes Part1

Sekilas Tentang Aplikasi Flyback DIODA...Part 1 Sebuah dioda flyback (kadang-kadang disebut snubber dioda , dioda freewheeling , Catch dioda , atau Suppressor dioda ) adalah sebuah dioda digunakan untuk menghilangkan tegangan flyback, lonjakan tegangan yang tiba-tiba dari sebuah inductance(L) beban ketika pasokan tegangan tiba-tiba dikurangi atau dihilangkan. Applikasi sederhana dari FLYBACK DIODA ini bisa di lihat pada Figure A. Figure A Explanation: Menurut hukum Lenz, jika arus yang melalui induktansi mengalami perubahan, induktansi akan menginduksi tegangan dan arus yang mengalir pada L (COIL) selama masih ada energi yang dihasilkan oleh medan magnet yang ditimbulkan oleh INDUKTANSI COIL (L). sesuai dengan sifat Induktor ====> VL = L di/dt dan bila tegangan sumber diLepas secara tiba2 atau saklar pada FIGURE A dilepas maka induktor yang pada awalnya memiliki Medan Magnet disekitarnya, pelan2 mendan magnet itu akan runtuh dan menyebabkan tegangan negatif karena sifat dari indukto